Penyebab Install Komputer Gagal: Setup Did Not Find Any Hard Disk Drives Installed In Your Computer

Anda mungkin pernah menjumpai sebuah kejadian dimana Anda gagal menginstal ulang komputer Anda dan muncul pesan "Setup Did Not Find Any Hard Disk Drives Installed In Your Computer". Pesan tersebut merupakan notifikasi dari sistem bahwa Windows tidak dapat mendeteksi hard disk sehingga proses instalasi tidak bisa dilakukan sebagaimana mestinya.

Setup Did Not Find Any Hard Disk Drives Installed In Your Computer
Setup did not find any hard disk drives installed in ...

Hard disk adalah media penyimpanan file instalasi sistem operasi (Windows) yang artinya proses instalasi dengan cara apapun tidak akan bisa berjalan jika hard disk tidak terbaca oleh BIOS. Disini yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap kondisi hard disk guna memastikan hard disk masih dalam kondisi siap pakai atau sebaliknya.

Selain melakukan pengecekan pada fisik hard disk, Anda juga patut memperhatikan kondisi kabeli konektor (kabel penghubung hard disk ke mother board). Periksa kondisi kabel apakah masih kelihatan bagus atau sudah mengalami kerusakan. Pastikan kabel konektor terpasang secara sempurna. Jika kabel konektor terpasang longgar, maka hard disk tidak akan bisa dikenali oleh sistem.

Setelah Anda melakukan langkah-langkah pengecekan baik pada fisik hard disk maupun pada kabel konektor dan hard disk masih tidak terdeteksi oleh sistem atau BIOS, maka Anda harus mengganti hard disk. Alternatif lainnya untuk memangkas biaya yakni dengan membawa hard disk Anda ke servis komputer untuk dilakukan perbaikan. Jika kerusakan pada hard disk masih memungkinkan untuk dilakukan perbaikan, maka hal ini tentunya dapat menghemat uang Anda karena Anda tidak perlu membeli hard disk baru yang tentunya tidak murah.

Sebagai catatan, hard disk merupakan salah satu komponen komputer yang paling sering mengalami permasalahan (rusak). Ketika kondisi hard disk sudah bermasalah, maka instalasi Windows kerap kali akan mengalami masalah seperti hard disk tidak terdeteksi oleh sistem, Blue Screen, dll.

Beri respon pada "Penyebab Install Komputer Gagal: Setup Did Not Find Any Hard Disk Drives Installed In Your Computer"