Mengenal Fungsi Sensor Pada HP Android - Sensor Proximity dll

Smartphone adalah sebuah perangkat ponsel cerdas yang memiliki kemampuan ekstra. Dengan kemampuannya yang tidak hanya sebatas untuk melakukan komunikasi melalui panggilan suara serta mengirim pesan singkat (SMS), setiap smartphone dilengkapi berbagai jenis sensor dengan fungsi masing-masing, mulai sensor proximity, sensor gyroscope, dan lain sebagainya.

Bagi orang awam, keberadaan berbagai macam jenis sensor yang melekat pada smartphone Android atau smartphone pada umumnya pastinya masih belum mereka pahami. Mereka tentunya masih tertanya-tanya dibenak mereka apa itu sensor proximity, apa fungsi sensor gyroscope serta jenis-jenis sensor yang lainnya.

Yuk kenali beragam jenis sensor pada smartphone. Berikut kami mencoba mendefinisikan secara ringkas fungsi dari masing-masing sensor yang terdapat pada smartphone sehingga Anda tidak lagi buta terhadap sensor yang teraplikasikan pada smartphone yang Anda gunakan sehari-hari.

1. Sensor Proximity
Fungsi dari sensor ini adalah, pada saat smartphone ditempelkan ke telinga seperti saat melakukan panggilan atau menerima telepon, maka secara otomatis layar ponsel akan mati. Karena layar ponsel dalam keadaan tidak aktif, maka Anda tidak perlu lagi merasa khawatir ponsel Anda akan membuka aplikasi tertentu karena adanya sentuhan/gesekan.

Proximity Sensor On Samsung Galaxy E5
Samsung Galaxy E5

2. Sensor Accelerometer
Sensor Accelerometer tertanam pada setiap platform Android. Sensor ini memiliki fungsi untuk mengukur percepatan dan mengukur getaran serta gerakan. Sensor Accelerometer diterapkan untuk mendeteksi pergerakan seperti shake. Fungsi paling umum dari sensor Accelerometer adalah untuk merubah tampilan layar secara otomatis dari portrait menjadi landscape atau sebaliknya.

3. Sensor Gyroscope
Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi rotasi sebuah perangkat atau pergerakan atas, bawah, kiri, kanan, maju, dan mundur. Jika pada accelerometer dipengaruhi oleh adanya gravitasi, maka gyroscope tidak dipengaruhi oleh gravitasi. Sensor ini biasa dimanfaatkan untuk game. Sensor gyroscope mengukur kecepatan rotasi sudut.

4. Sensor Magnetic Field
Beragam aplikasi penunjuk arah di hp Android dapat bekerja dengan memanfaatkan sensor Magnetic Field yang mampu mendeteksi medan magnet di sekitar smartphone. Sensor Magnetic Field ini tidak sebatas memiliki fungsi untuk menjadi penunjuk arah, tetapi sensor ini jugalah yang membantu aplikasi pendeteksi hantu dapat berfungsi di hp Android.

5. Sensor Global Positioning System (GPS)
Ini adalah sensor paling populer yang teraplikasikan pada hampir keseluruhan smartphone. Sensor GPS berguna untuk menentukan posisi dari hasil kalkulasi trigonometri berdasarkan sinyal-sinyal dari satelit terdekat yang berhasil diterima smartphone. Jika fitur GPS diaktifkan, maka smartphone dapat melacak keberadaan seseorang. Selan itu, sensor GPS juga dapat digunakan sebagai sistem navigasi yang akan memandu pengguna untuk menemukan suatu lokasi.

Nah, itulah 5 sensor pada smartphone yang sepertinya perlu Anda ketahui mengingat kelimanya merupakan jenis sensor yang teraplikasikan pada sebagian besar smartphone, khususnya smartphone yang menggunakan platform Android.

Beri respon pada "Mengenal Fungsi Sensor Pada HP Android - Sensor Proximity dll"