Tips Membeli HP Bekas Secara Online

Tips Membeli HP Bekas Secara Online
Img: blog.kaspersky.com
Transaksi secara online bukanlah hal baru lagi. Dengan perkembangan teknologi, kita dimudahkan dalam berbagai urusan, salah satunya adalah kemudahakan dalam melakukan transaksi jual-beli. Namun demikian, dibalik kemudahan yang ada kita juga tetap harus memiliki kewaspadaan agar terhindari dari motif penipuan atau hal-hal yang sifatnya dapat merugikan kita usai bertransaksi.

Tips membeli hp second lewat online akan saya bahas secara ringkas pada kesempatan ini, semoga apa yang akan saya paparkan disini berguna bagi Anda sebagai kiat untuk berjaga-jaga serta meningkatkan kewaspadaan Anda terkait transaksi jual-beli secara online handphone bekas yang mana membeli handphone bekas secara teknis tergolong riskan jika Anda asal membelinya saja.

hp second yang dijual secara online biasanya adalah produk milik individual (bukan perusahaan). Sebelum memutuskan mentransfer sejumlah uang sesuai harga hp tersebut, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini guna menghindarkan Anda dari kerugian.

1. Mintalah foto handphone yang akan Anda beli
Setiap penjual memang sudah pasti akan mencantumkan foto barang yang dijualnya, tapi dalam hal ini yang perlu Anda pastikan adalah apakah foto tersebut merupakan foto asli hp yang akan ia jual. Hal ini penting untuk mengamati kondisi fisik handphone dari sisi luar. Jika terdapat kerusakan seperti lecet pada bagian casing tentunya hal tersebut akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda.

2. Pastikan handphone langsung dikirim setelah Anda mentransfer uang
Ini memang terdengar sulit, karena perbedaan lokasi diantara Anda dan sipenjual. Namun, Anda bisa membuat perjanjian dengan sang penjual terkait pengiriman barang sebelum Anda memutuskan untuk deal jual-beli. Hal ini sepertinya tidak berlaku apabila Anda melakukan pembelian melalui toko online, namun Anda bisa membuat perjanjian apabila Anda bertransaksi diluar toko online.

3. Tanyakan kelengkapan perangkat
Handphone dilengkapi berbagai perangkat pendukung, seperti charger, headphone, dll. Sebelum terjadi deal, Anda harus tanyakan kelengkapan perangkat pendukung kepada penjual. Dan pastikan juga semua perangkat masih berfungsi dengan baik, terutama charger handphone.

4. Ketahui identitas penjual
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak Anda inginkan, maka Anda harus mengetahui dengan siapa Anda akan melakukan transaksi. Mintalah alamat serta nomor telepon sipenjual dan pastikan bahwa alamat yang diberikan sipenjual memang benar-benar alamat ia tinggal.

5. Waspada dengan penawaran harga tidak wajar
Silakan bandingkan dengan harga normal dipasar. Jika Anda mendapati ada sebuah penawaran yang terlalu murah, maka Anda tidak boleh dengan serta-merta tergoda dengan harga murah yang ditawarkan. Anda harus memastikan bahwa handphone tersebut adalah asli dan bukan handphone replika atau super copy.

Demikian kiat untuk membeli hp bekas lewat online secara aman, semoga tips ini dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam bentuk kerugian akibat kurang bersikap waspada sebelum melakukan deal.

Beri respon pada "Tips Membeli HP Bekas Secara Online"

close