Perbedaan HP (Smartphone) dan Tablet

Perbedaan Smartphone dan Tablet Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, belakangan ini muncul berbagai istilah gadget (perangkat) dengan daya pesona dan fungsi masing-masing. Jika dahulu kita hanya mengenal handphone biasa, maka sekarang kita mengenal yang namanya smartphone. Smartphone adalah perangkat handphone pintar yang memiliki banyak fungsi (mutlifungsi).

Dari banyaknya tipe gadget yang ada dipasaran, mungkin ada diantara Anda yang masih tertanya-tanya dalam hati apa perbedaan smartphone dan tablet. Jika demikian, maka melalui postingan ini saya akan menjelaskan beberapa sisi perbedaan diantara hp dan tablet sehingga Anda tidak perlu lagi bertanya pada diri Anda apa yang membedakan dintara kedua perangkat komunikasi tersebut.

Pengertian HP
HP atau handphone adalah sebuah perangkat berbasis elektronik yang memikiki fungsi utama sebagai alat untuk berkomunikasi baik melalui panggilan maupun pesan singkat (SMS). Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi handphone terus berinovasi hingga muncullah tipe handphone terbaru yaitu smartphone.

Smartphone adalah sebuah handphone cerdas yang fungsinya tidak sebatas untuk melakukan panggilan suara dan mengirim SMS. Smartphone memiliki banyak fungsi lainnya, seperti untuk bermain game, membuka internet, layanan push mail (email masuk ke hp dengan adanya pemberitahuan/tanpa perlu membuka situs email), mengecek lokasi melalui GPS, dan masih banyak lagi.

Dari uraian diatas, maka dapat diambil sebuah kesimpulan perbedaan hp biasa dan smartphone adalah terletak pada kemampuan atau fungsi diantara keduanya.

Pengertian Tablet
Tablet atau tablet pc adalah sebuah perangkat komputer mini yang memiliki fungsi seperti komputer namun dengan berbagai keterbatasan. Tablet pc dan komputer dibedakan pada sejumlah aspek, misalkan pada fitur panggilan. Komputer tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan tanpa aplikasi tertentu, sementara tablet pc memiliki fitur untuk melakukan panggilan tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga.

Jika dilihat dari sisi definisi, tablet pc lebih mengacu pada komputer, akan tetapi jika dilihat dari sisi fungsionalitas tablet pc lebih memiliki sisi persamaan dengan smartphone sehingga dapat dikatakan bahwa tablet pc adalah variant dari smartphone.

Karena sifatnya yang merupakan variant dari smartphone, maka secara fungsionalitas tidak ada perbedaan yang signifikan antara smartphone dan tablet pc. Sementara itu, jika dilihat dari segi fisik, smartphone memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ukuran tablet pc. Ukuran terbesar smartphone saat ini tidak lebih dari 6 inci, sementara ukuran terkecil tablet pc adalah 7 inci.

Perbedaan Smartphone dan Tablet
Dari uraian diatas, maka tentunya Anda sudah dapat menyimpulkan apa perbedaan smartphone dan tablet pc.

Mutu Performa Smartphone dan Tablet
Kualitas kinerja diantara keduanya sudah barang tentu ditentukan oleh kualitas hardware serta specs masing-masing perangkat. Sebut saja Anda memilih smartphone atau tablet pc dari vendor papan atas dengan specs perangkat yang cukup baik, maka sudah pasti kinerja perangkat yang Anda gunakan cukup memuaskan, baik itu smartphone ataupun tablet pc.

Beri respon pada "Perbedaan HP (Smartphone) dan Tablet "