Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi komputer restart sendiri
Sebuah kasus komputer restart sendiri secara berulang-ulang memang tidak asing lagi. Ya, perangkat komputer baik itu komputer duduk maupun komputer laptop cukup mungkin mengalami restart sendiri apabila terdapat permasalahan pada sektor hardware komputer tersebut. Kasus komputer sering restart sendiri biasanya rentang terjadi pada komputer yang dari sisi usia sudah relatif tua sehingga kondisi hardware sudah banyak yang mengalami gangguan atau kerusakan.

Komputer adalah sebuah alat komputasi canggih yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai untuk menghitung, membuat dokumen, membuat desain rumah, dan berbagai macam kemampuan hebat lainnya. Dengan kecanggihan yang dimilikinya, disisi lain komputer juga rentang dengan kerusakan yang dalam hal ini dapat dipicu oleh berbagai macam hal, dan salah satunya adalah merujuk pada kondisi perangkat keras (hardware).

Apa yang harus dilakukan jika Anda mendapati komputer Anda berulang kali restart sendiri? Berikut beberapa kiat untuk mengatasi komputer sering restart sendiri.

1. CPU Over Head
Ketika Anda mendapati komputer Anda secara tiba-tiba restart sendiri dan hal tersebut terjadi secara berulang-ulang, maka langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa kondisi CPU apakah terjadi over head.

2. Periksa Kondisi RAM
Random Access Memory atau RAM merupakan salah satu perangkat vital pada komputer. Adanya kerusakan atau masalah pada RAM akan menyebabkn kinerja komputer tidak optimal dan yang terparah komputer tidak dapat melakuka booting. Bersihkan debu yang menempel pada RAM karena hal tersebut dapat memicu terjadinya gejala permasalahan.

3. Periksa FAN/Kipas
Buka casing CPU dan silakan cek kondisi kipas. Kipas berfungsi untuk mendinginkan Processor dan manakala kipas sudah tidak dapat bekerja dengan baik atau putrannya lemah maka hal ini dapat menyebabkan komputer restart sendiri karena tidak ada muatan pendingin yang memadai.

4. Cek Power Supply
Power Supply adalah sebuah perangkat yang berfungi untuk membagikan aliran daya. Pastikan apakah power supply masih bekerja secara optimal atau sudah terdapat masalah. Jika power supply tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya maka komputer akan mengalami masalah karena aliran daya yang tidak sesuai kebutuhan.

5. Periksa Kondisi HarDisk
HarDisk adalah sebuah perangkat yang berfungi untuk menjadi media penyimpanan pada perangkat komputer Anda. Komputer restart sendiri dalam kebanyakan kasus sangat sering disebabkan oleh kondisi HarDisk yang sudah mengalami bad sector. Jika HarDisk sudah terdapat bad sector, maka hal tersebut akan menyebabkn menurunnya kinerja komputer Anda.

6. VGA Rusak
VGA adalah sebuah perangkat kartu grafis. Adanya kerusakan pada VGA juga sering menjadi biang keladi dibalik restart sendiri perangkat komputer. Anda harus melakukan pengecekan secara seksama apakah komputer Anda sering reatart sendiri lantaran VGA-nya sudah dalam kondisi cacat.

Nah, itulah 6 penyebab komputer sering restart sendiri dimana ke-enam poin diatas memang merupakan kasus yang paling sering ditemui oleh para pengguna komputer. Pastikan Anda memeriksa semua komponen perangkat keras pada CPU untuk mengoptimalkan kinerja komputer Anda dengan melakukan perbaikan atau mengganti perangkat keras yang sudah rusak.

Beri respon pada "Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya"

close