Cara Mengatasi HP Android Mati Total (Bootloop)

cara memperbaiki hp android bootloop
Terdapat beragam pemicu hp Android mengalami bootloop atau mati total. Hp Android tidak mau dinyalakan tidak lain adalah dikarenakan adanya gejala permasalahan pada sektor hardware. Untuk mengatasi permasalahan bootloop ini Anda dapat menempuh jalan cepat dengan membawanya ke tukang servis, akan tetapi ada baiknya sebelum membawa ke servisan Anda lakukan upaya perbaikan sendiri terlebih dahulu.

Selain disebabkan oleh adanya hardware ponsel yang mengalami kerusakan, bootloop pada handphone berbasis Android juga seringkali disebabkan oleh user yang mengutak-atik sistem utama ponsel hingga terjadilah light bootloop. Ada beberapa jenis bootloop pada ponsel Android, yaitu light bootloop, medium bootloop dan yang paling parah adalah hard bootloop.

Untuk memulai langkah perbaikan pada kasus bootloop ini, Anda dapat melakukan proses perbaikan sesuai kriteria bootloop pada hp Anda, apakah itu masuk kategori light bootloop, medium bootloop atau hard bootloop. Silakan simak panduan cara memperbaiki hp Android bootloop dengan masing-masing tingkatan bootloop sebagai berikut.

Cara Mengatasi Light Bootloop Android
Seperti dijelaskan diatas, permasalahan light bootloop terjadi dalam kebanyakan kasus hal tersebut dikarenakan suer mengutak-atik sistem utama dan tidak menggunakan Recovery Mode. Light bootloop ini hanya bersifat temporal, seperti blank screen.

Untuk mengatasi light bootloop, langkah pertama adalah dengan me-restart handphone terlebih dahulu. Apabila setelah melakukan restart, Anda mendapati masih ada gejala permasalahan tertentu, silakan matikan handphone kemudian cabut baterainya lalu pasang dan nyalakan kembali handphone Anda.

Cara Mengatasi Medium Bootloop Android
Kasus medium bootloop ini sering terjadi akibat aktivitas user dimana ia mencoba untuk masuk ke system Recovery Mode kemudian menginstal script yang bermasalah.

Medium bootloop ini masuk dalam kategori kerusakan tingkat menengah yang dapat disolusikan dengan cara melakukan restore backup.

Cara Mengatasi Hard Bootloop Android
Seperti halnya namanya, hard bootloop adalah tingkat kerusakan yang paling parah. Dalam kondisi hard bootloop Anda tidak lagi bisa masuk kedalam menu ponsel dan hanya akan melihat logo yang kemudian ponsel akan restart berulang kali.

Untuk mengatasi hard bootloop Anda dapat mencoba melakukan Factory Reset dimana Factory Reset berpotensi memberikan solusi pada kasus hard bootloop ini.

1 Response to "Cara Mengatasi HP Android Mati Total (Bootloop)"

Fathur BlackID mengatakan...

Gan gua kan nengalami hard bootloop.... gua udah factory reset tapi masih tetap nyangkut di boot animation dan itu tidak selesai" kalau solusi untuk itu gimana ya?
My Phone: Samsung Galaxy SII

close