5 Cara Mengatasi HP Android Lemot

Kinerja ponsel yang lemot atau lelet dapat mengganggu kenyamanan user dalam mengoperasikannya, terlebih lagi jika si user menggunakannya untuk urusan pekerjaan. Ya, kecanggihan teknologi smartphone seperti sekarang ini membuat gadget pintar ini tidak hanya sebatas digunakan untuk berkomunikasi tetapi juga dapat dijadikan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan berbagai macam jenis pekerjaan, seperti untuk keperluan mengetik dokumen.

Selain berpegangan pada spek hardware ponsel, prilaku penggunaan juga ikut memberi andil dibalik cepat-lambatnya kinerja sebuah smartphone. Melalui postingan ini saya ingin berbagi 5 kiat untuk mengatasi masalah hp Android lemot guna memberikan kenyamanan kepada Anda disaat sedang menggunakan smartphone Android Anda. Berikut ini 5 tips agar hp Android bisa cepat yang dapat Anda terapkan pada perangkat Android Anda.

1. Matikan Aplikasi Yang Tidak Penting
Smartphone Android lumrahnya berisikan banyak aplikasi. Anda tidak perlu mengaktifkan semua aplikasi tersebut pada saat yang bersamaan, karena hal tersebut dapat memenuhi CPU Usage. Matikan aplikasi yang tidak penting guna menjaga performa ponsel agar tetap stabil.

2. Jangan Menggunakan Semua Ruang Memory
Jika Anda menggunakan semua space memory, baik memory internal maupun eksternal, maka hal ini dapat memicu melambatnya kinerja ponsel. Loading ponsel akan melambat dan tidak jarang akan terjadi hang. Usahakan Anda menyisakan ruang memory agar ponsel dapat loading secara normal.

3. Matikan Sebentar Saat Temperatur HP Memanas
Ada kalanya ponsel akan memanas yang dalam hal ini dipicu oleh berbagai hal. Jika Anda mendapati ponsel Anda dalam kondisi yang sangat panas, sebaiknya Anda matikan dulu dalam beberapa saat kemudian hidupkan kembali. Sudah barang tentu ponsel yang temperaturnya diluar batas kewajaran akan mengalami penurunan performa karena hal tersebut mengindikasikan bahwa ponsel sedang dalam masalah.

4. Bersihkan Cache Pada Web Browser
Usai melakukan browsing, jangan lupa untuk membersihkan cache browser guna melancarkan loading ponsel Anda pada saat browsing. Timbunan cache dalam jumlah yang besar dapat memicu melambatnya kinerja ponsel saat Anda pakai untuk berselancar di dunia maya. Pastikan Anda membersihkan cache browser secara berkala.

5. Pastikan Tidak Ada Aplikasi Aktif Yang Bermasalah
Salah satu pemicu tidak maksimalnya kinerja sebuah ponsel adalah dikarenakan adanya aplikasi crash. Periksa semua aplikasi yang ada di ponsel Anda dan pastikan tidak ada satupun aplikasi yang mengalami kerusakan. Sesuaikan juga dengan spek ponsel Anda jika Anda ingin menginstal aplikasi yang membutuhkan dukungan hardware tinggi.

Beri respon pada "5 Cara Mengatasi HP Android Lemot"

close