Cara Mengatasi Baterai HP Android Sering Panas

Cara Mengatasi Baterai HP Android Sering Panas
Baterai adalah tampungan energi yang dapat menghidupkan ponsel. Baterai juga dialokasikan pada aktivasi setiap aplikasi sehingga tanpa baterai Anda tidak akan dapat menjalan aplikasi apapun pada ponsel Anda. Setiap tipe smartphone Android memiliki kapasitas daya tampung baterai yang berbeda-beda. Biasanya smartphone dengan specs tinggi biasanya memiliki kapasitas baterai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tipe smartphone dengan specs hardware yang kurang istimewa.

Smartphone adalah jenis gadget genggam yang sangat membutuhkan baterai dalam jumlah yang besar mengingat perangkat tersebut akan bekerja secara terus menerus manakala Anda mengaktifkan fitur data. Butuh daya tampung baterai yang cukup banyak guna menjaga smartphone Anda tetap bisa hidup terlebih lagi disaat Anda sedang menjalankan banyak aplikasi atau sedang online.

Bagi sebagian user, mungkin ada diantara mereka yang mendapati smartphone miliknya mengalami gangguan pada sekor baterai. Ya, ada kalanya baterai hp Android secara tiba-tiba memanas dengan temperatur yang tergolong tidak wajar. Apa penyebab temperatur baterai hp Android menjasi sangat panas? Berikut ini tips untuk mengatasi baterai hp Android yang sering panas.

1. Periksa Aplikasi di HP
Jika terdapat aplikasi bermasalah pada ponsel Anda, maka hal ini dapat menyebabkan temperatur ponsel dan baterai secara tiba-tiba menjadi sangat panas. Periksa semua aplikasi di hp Anda, dan pastikan Anda mencopot aplikasi tertentu yang terindikasi sedang crash atau corrupt.

2. Simpanan Daya 
Jika baterai sedang low, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan ponsel untuk membuka atau menjalankan aplikasi yang berat. Hal ini dapat memicu memanasnya baterai ponsel secara cepat. Sebaiknya lakukan isi ulang terlebih dahulu sebelum Anda gunakan untuk membukan aplikasi yang berat.

3. Lepas-pasang Baterai
Jika Anda mendapati baterai hp Anda memanas dengan temperatur sangat tinggi dan hal tersebut terjadi secara tiba-tiba, maka sebaiknya Anda lepas baterai kemudian pasangkan kembali setelah beberapa detik-menit. Dengan melakukan lepas-pasang baterai, hal ini akan mengakhiri terjadinya crash pada ponsel Anda.

4. Jaga Prilaku Isi Ulang
Pastikan Anda mengisi ulang baterai secara teratur guna menjaga kondisi baterai tetap dalam kondisi yang prima. Ketika melakukan isi ulang baterai, sebaiknya Anda juga mematikan ponsel dan baru menghidupkan ponsel ketika baterai sudah dalam keadaan full.

Nah, demikian 4 kiat untuk mengatasi hp Android yang baterainya sering memanas. Jika tidak ada gangguan pada perangkat keras (hardware), maka dengan menerapkan 4 hal diatas, sepertinya baterai hp Android Anda tidak akan mengalami masalah lagi. Namun, apabila baterai masih sering mengalami permasalahan yang sama, maka besar kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh masalah hardware ponsel.

Beri respon pada "Cara Mengatasi Baterai HP Android Sering Panas"

close