Cara Berbagi Koneksi Internet di HP Android

cara mengaktifkan wifi-hotspot hp android
Ponsel Android dilengkapi dengan fitur HotSpot, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan pengguna Android berbagi koneksi internet kepada pengguna Android yang lain. Ini adalah salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi para pengguna handphone berbasis Android. Dengan memanfaatkan fitur HotSpot, maka mereka dapat berbagi koneksi secara mudah dan praktis melalui jaringan Wi-Fi di handphone.

Kebutuhan akan akses internet memang bak sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat di Tanah Air, dan dalam hal ini ada kalanya kita kehabisan paket internet atau sedang tidak memiliki pulsa. Dengan adanya fitur HotSpot di hp Android, maka kita dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk berbagai koneksi dengan sahabat kita yang juga sama-sama menggunakan smartphone Android.

Bagi Anda yang belum mengerti cara mengaktifkan HotSpot di hp Android beserta cara connect ke hp Android lainnya, Anda dapat menyimak panduan cara mengaktifkan HotSpot beserta cara konek HotSpot di hp Android berikut ini.

  1. Buka handphone Android Anda
  2. Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  3. Pilih Tethering and Mobile Hotspot atau tulisan/menu yang mirip
  4. Klik menu tersebut lalu aktifkan HotSpot.


Cara Menyambungkan HotSpot Ke HP Android Lainnya

  1. Setelah HotSpot dalam kondisi aktif, buka hp yang ingin dibagikan koneksi interntnya.
  2. Pilih menu Wifi, kemudian aktifkan Wifi-nya.
  3. HP Anda akan mendetek jaringan Wifi secara otomatis dan jika koneksi Wifi-nya sudah terdetek, silakan sambungkan.

Apabila setelah menggunakan cara diatas hp masih belum bisa tersambung, maka Anda dapat menggunakan metode penyambungan yang kedua. Metode penyambungan yang kedua adalah dengan cara melakukan penyambungan secara manual. Berikut ini caranya.

  1. Aktifkan menu Wifi pada handphone penerima koneksi
  2. Kemudian, cari menu Add Wifi Network atau Tambahkan Jaringan Wifi atau menu yang mirip. 
  3. Selanjutnya, masukkan Network SSID (nama HotSpot pembagi koneksi), kemudian pilih jenis security/keamanan jaringa, lalu masukkan password HotSpot. Terakhir, silakan pilih menu sambungkan atau connect.


Jika tidak ada masalah, maka kedua handphone akan tersambung secara sempurna dan dapat berbagi koneksi internet.

Demikian panduan cara menyambungkan Wifi-HotSpot, semoga artikel ini berguna bagi Anda para pengguna smartphone Android yang ingin berbagi koneksi dengan sahabat, keluarga atau orang-orang terdekat Anda.

Beri respon pada "Cara Berbagi Koneksi Internet di HP Android"

close