5 Cara Agar Baterai HP Android Tidak Boros

Cara Agar Baterai HP Android Tidak Boros
Baterai adalah salah satu komponen utama pada perangkat mobile (ponsel). Baterai adalah penyuplai energi/daya yang bisa membuat ponsel hidup. Pada dasarnya, setiap baterai ponsel sudah memiliki takaran berapa lama baterai dapat bertahan. Namun, terlepas dari kapasitas penyimpanan energi pada baterai, prilaku penggunaan dan penggunanya amat menentukan boros-tidaknya baterai ponsel.

Smartphone, sebagaimana namanya "ponsel cerdas" membutuhkan konsumsi daya yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tipe ponsel feature phone atau ponsel biasa. Smartphone mampu menjalankan sekian banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Memiliki fitur push mail, data, dll. Hal tesebut membuat smartphone membutuhkan banyak konsumsi daya.

Smartphone berbasis Android yang ada dipasar saat ini rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan daya diantara 1300-5000 mAh. Besaran kapasitas penyimpanan daya tersebut sejatinya relatif rendah jika dikomparasi dengan tingkat kebutuhan konsumsi daya ponsel Android secara rata-rata. Oleh yang demikian, maka user dapat menyikapinya dengan menggunakan powe bank sebagai alat bantuk suplai daya atau dengan mengatur pola penggunaan.

Pada postingan ini saya akan berbagi kiat untuk menghemat baterai hp Android dan semua platform smartphone pada umumnya. Berikut beberapa tips agar baterai hp Android tidak boros yang dapat Anda aplikasikan pada perangkat Anda.

1. Matikan SIM 2
Sebagian smartphone pabrikan China dan Korea memiliki dua slot sim card. Untuk menghemat baterai, Anda dapat mematikan SIM 2 jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan.  Hal ini akan menghemat baterai karena ponsel Anda tidak perlu menjalankan dua SIM.

2. Matikan Sebagian Aplikasi 
Cara kedua untuk menghemat baterai hp Android adalah dengan mematikan sebagian aplikasi aktif yang tidak sedang Anda butuhkan. Sebagian besar user Android memasang banyak aplikasi di hp mereka, dan sebakinya Anda mematikan beberapa aplikasi yang tidak sedang Anda butuhkan.

3. Memilih Mode Jaringan Yang Tepat
Daya baterai teralokasikan untuk berbagai operasional ponsel, salah satunya adalah untuk menangkap jaringan. Agar daya baterai tidak terkuras secara cepat, pilihlah mode jaringan sesuai dengan cover jaringan yang ada ditempat Anda. Misalkan, cover jaringan ditempat Anda hanya menjangkau Edge, maka sebakinya Anda tidak memilih mode jaringan 3G/HSDPA, karena hal tersebut akan membuat ponsel bekerja secara keras, dan hasilnya baterai cepat habis.

4. Jaga Prilaku Isi Ulang Baterai
Agar baterai ponsel Anda tetap dalam kondisi prima alias tidak drop, pastikan prilaku isi ulang daya dilakukan secara teratur. Guna menjaga lifetime baterai, ada baiknya Anda matikan ponsel pada saat sedang melakukan charging. Selain itu, sebaiknya gunakan juga charger original bawaan ponsel tersebut.

5. Remove Aplikasi Bermasalah
Adanya aplikasi bermasalah pada handphoen Anda akan menyebabkan daya baterai terkuras secara cepat. Periksa kondisi ponsel, periksa setiap aplikasi apakah semua bekerja secara normal. Jika Anda mendapati ada aplikasi yang sering hang, maka ada baiknya Anda remove/uninstall aplikasi tersebut guna menjaga stabilitas performa ponsel Android Anda.

Demikian 5 tips agar baterai hp Android bisa awet. Terlepas dari besaran kapasitas baterai ponsel Anda, saya yakin penggunaan daya baterai tetap dapat terkontrol jika Anda mengaplikasikan kiat diatas.

Beri respon pada "5 Cara Agar Baterai HP Android Tidak Boros"

close