Apa itu Android, RAM, GPU, Pixel Density, dll.

Smartphone merupakan ponsel berkemampuan extra yang memiliki beragam tipe perangkat dengan fungsi masing-masing. Bagi orang awam, jenis-jenis perangkat yang melekat pada setiap produk smartphone ini mungkin dirasa masih memgingungkan karena ada sekian banyak jenis perangkat yang tertanama pada smartphone.

Apa itu Android, RAM, GPU, Pixel Density

Pada smartphone, kita mengenal yang namanya processor, RAM, GPU, IPS, Chipset, dll. Lalu apa sebenarnya fungsi dari setiap perangkat tersebut?

Dikolom ini wiharjo.com akan mendefinisikan secara sederhana fungsi dari setiap perangkat tersebut guna memberikan pemahaman kepada Anda.

Apa itu OS?
OS singkatan dari Operating System, yaitu sistem operasi yang menjadikan ponsel bisa dioperasikan dengan berbagai fitur yang ada didalamnya. Ada banyak jenis OS pada ponsel, seperti iOS, Windows, Symbian, dan Android. Tanpa adanya OS, maka smartphone tidak akan dapat digunakan, karena jika dianalogikan, OS adalah otak dari smartphone itu sendiri.

Apa itu Android?
Android adalah sebuah sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh raksasa IT, Google. Android diaplikasikan pada perangkat smartphone dan tablet pc. Dimasa sekarang, Android adalah rajanya platform smartphone dan meninggalkan jenis-jenis sistem operasi lainnya seperti Windows, iOS, dll.

Apa itu RAM?
RAM atau kepanjangan dari Random Access Memory, yaitu sebuah hardware yang berfungsi untuk menyediakan ruang pengolahan pada perangkat komputer/ponsel. Ketika ponsel sedang melakukan suatu proses (membuka game, memutar musik, dll) secara otomatis ponsel akan membutuhkan memory dan disitulah fungsi RAM.

Apa itu GPU?
GPU adalah kepanjangan dari Graphics Processor Unit atau kalah di Indonesia-kan menjadi unit pemroses grafis, yaitu sebuah processor khusus yang memiliki fungsi untuk mengolah grafis/gambar pada smartphone.

Apa itu Pixel Density?
Seperti halnya namanya, Pixel Density tidak lain adalah tingkat kerapatan/kepadatan gambar pada layar smartphone. Contoh Pixel Density pada smartphone seperti iPhone 4 yang memiliki resolusi 960×640 dengan ukuran 3.5 inci, dan memiliki pixel density 326. Samsung Galaxy S3 dengan layar berukuran 4.8 inci yang memiliki resolusi 1280×720 dan memiliki pixel density sebesar 306.

Apa itu CPU?
CPU adalah central processing unit atau unit pemrosesan sentral pada perangkat berbasis komputer, seperti smartphone dan tablet pc. Dengan adanya CPU, maka komputer dapat menjalankan suatu proses sesuai perintah (input).

Apa itu Octa-core?
Pada CPU akan terdapat core (inti) dengan jumlah yang berbeda-beda sehingga kita mendengar penamaan-penamaan seperti dual-core, quad-core, octa core, dll. sehingga dapat diartikan, bahwa perbedaan antara dual core, quad core, dll tidak lain adalah terletak pada jumlah core nya.

  • Dual Core: 2 core
  • Quad Core: 4 core
  • Hexa Core: 6 core
  • Octa Core: 8 core
  • Deca Core: 10 core

Apa itu MP?
MP adalah gabungan dua kata "mega" yang menunjukkan satuan juta, dan "pixel" yang memiliki arti titik elemen gambar. Jadi megapixel adalah sejuta titik elemen gambar.

Beri respon pada "Apa itu Android, RAM, GPU, Pixel Density, dll."

close